Wednesday, February 6, 2013

macam-macam vespa dari antik,clasik,karat,sampe gembel

macam-macam vespa dari antik,clasik,karat,sampe gembel



vespa antik 

vespa klasik
vespa karat
vespa gembel (tikus)


sejarah vespa indonesia


“Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo saat itu.

Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.

Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Sampai saat ini Indonesia mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.

mula vespa

Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.
Vespa bisa dibilang merupakan generasi skuter pertama dengan penggerak langsung. Jadi putaran dari mesin langsung ditransfer ke roda belakang melalui gigi reduksi. Vespa mempunyai komunitas fanatik terbesar di Indonesia. Para pemakai motor ini adalah orang yang memang benar–benar fanatik.

Harga motor vespa tergantung dari kondisi dan kelengkapannya, ada yang seharga ratusan ribu saja dan ada juga yang seharga sampai puluhan juta. Hampir tiap kota mempunyai komunitas motor vespa, dan komunitas vespa bisa dibilang komunitas yang paling solid.

Vespa–vespa klasik keluaran diatas tahun 1950 saat ini sudah mulai langka dan hanya orang tertentu saja yang masih mempunyainya. Vespa keluaran tahun tersebut sudah termasuk vespa antik sehingga harganyapun sudah naik berlipat–lipat. Itupun kalau ada, saat ini mencari vespa antik tersebut sudah sangat susah.



 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment